Pantai Trisik

 
Pantai Trisik Kulon Progo
Pantai Trisik tepatnya berlokasi di Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute menuju ke pantai Trisik relatif mudah, hanya berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jika Anda dari Jogjakarta, maka Anda perlu memacu kendaraan anda menuju Kabupaten Bantul ke arah Kecamatan Srandakan. Sesampainya di Jembatan Kali Progo, terus hingga pertigaan Brosot, ambil jalan sisi selatan dan Anda akan menemukan Pantai Trisik yang kondang dengan konservasi penyu milik kelompok “Penyu Abadi”.
Bersama mendorong perahu ke darat

Penampakan TPI

Sayangnya, ada beberapa hal yang luput dari perhatian pemerintah daerah dan penduduk lokal. Tempat ini seharusnya bisa dibangun bersama-sama. Tak hanya menawarkan keindahan panorama pantai, aktivitas nelayan juga bisa dijual sebagai daya tarik wisata alternatif. Selain itu, masakan laut khas Pantai Trisik juga bisa dijadikan pemikat wisatawan. Ada juga kaonservasi penyu disini. Tempat ini bisa dijadikan sarana belajar bagi siswa yang berkunjung. Meskipun penting, upaya pelestarian penyu ini masih belum dianggap serius. Bisa jadi ketidakseriusan itu disebabkan minimnya pengetahuan tentang cara mengelola tata ruang di sekitar pantai.

perahu

Kalau ini penampakan deket konservasi penyu...Indah ya pemandangannya
Ketika saya kemaren minggu ke Pantai Trisik... Ternyata Pantai saya rasa kurang dikelola dengan serius...dari pantai yang kotor dan kurang kesiapan kulinernya dalam menyediakan menu. Wah sayang sungguh sayang ya ..ada beberapa bangunan kecil yang terbengkalai. Perlu kerja sama dari beberapa pihak untuk menghidupkan kembali suasana pantai sebagai tempat tujuan wisata.