Pantai Jogan Gunung Kidul



 Pantai Jogan. Air Terjun Cantik Ajaib di Pantai Jogan.

Pantai Jogan Gunung Kidul, menurut saya ini adalah pantai yang unik. Keunikannya terletak pada air terjun yang langsung jatuh ke laut. Pantai ini terdiri dari tebin-tebing tinggi, dinding-dinding tebing yang tajam dan bebataun-bebatuan koral  serta mempunyai sedikit sekali pasir pantainya. Pasir pantainya dapat kita lihat ketika laut dalam keadaan surut.

Lokasinya ada di Kel.Purwodadi, Kec. Tepus, Kab.Gunungkidul. Masuk jalan ke arah objek wisata Pantai Siung, Letaknya sebelah barat(kulon) Pantai Siung. Setelah melewati gapura loket (TPR) pantai siung, di kanan jalan ada papan petunjuk pantai Jogan dengan jalan cor-coran semen. Ikuti jalan setapak tersebut nanti akan sampai di pantai Jogan.

Sepanjang jalan masuk kiri jalan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari bukit-bukit karst yang ada disana. Mengunjungi pantai ini baiknya pada saat musim hujan, peralihan musim hujan ke kemarau.

Sesampainya di pantai, kita tidak bisa melihat langsung air terjunnya anda perlu berjalan 50-100 meter dari lokasi parkiran motor. Untuk mobil sudah bisa sampai ke lokasi pantai. Dan ada fasilitas parkirnya. Sesampainya di lokasi pantai sudah terdengar  suara ombak, gemerincik air terjun, hembusan angin plus pemandangan yang indah adalah obat dari lelah saya. ada beberapa bangku di bawah pohon yang bisa untuk berteduh sambil menikmati suasana. Ada pijakan-pidakan kecil jika ingin turun menikmati air terjun. Wah saya saking capeknya nih bisa tertidur sebentar di bawah pohon. Dan disini sudah ada warung dan fasilitas toilet. Jika perjalanan sudah nahan laper, bisa deh diisi di warung ini. :D