Pantai Siung Gunung Kidul



Setelah jalan panjang ke beberapa pantai nan cantik di Gunung Kidul, nggak lupa singgah di Pantai Siung. Pantai yang berlokasi di Kec. Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Berjarak kurang lebih 77 km dari kota Yogyakarta. Gak kalah menariknya dengan pantai-pantai yang lain. Keunikannya adalah adalah kawasan Pantai Siung memiliki 250 jalur panjat tebing yang berstandar internasional. Para pecinta alam yang suka panjat tebing pasti tahu pantai ini untuk sekedar memacu andrenalin mencoba karang Pantai Siung Gunung Kidul.


Pantai Siung sudah bisa dibilang agak ramai, dan fasilitas seperti parkir, mushola, toilet dan warung kecil sudah tersedia. Kalau ingin menginap di sini sudah ada beberapa penginapan kecil, atau ada juga rumah panggung yang biasa disebut pondok pemanjat. Silahkan kalau mau menginap disesuaikan dananya. Tapi kalau mau membawa tenda sendiri dan mendirikan tenda bisa di sekitar tebing-tebing.

Karang-karang yang ada di Pantai Siung sungguh indah dan eksotis. Selain itu disini juga ada karang-karang kecil, dan air di pantai ini juga sangat jernih nan biru. Wah memang pantai di Gunung Kidul itu indah-indah dan setiap pantai memiliki aroma yang berbeda. Tapi jangan berenang di sini ya selain berbahaya karena banyaknya karang, pantai ini menghadap ke samodra hindia. Tapi kalau sekedar mau basah-basahan...seru juga kok. Jalan menuju Pantai Siung sudah bagus, untuk kendaraan apa aja mobil atau motor sudah gampang untuk mengakses tempat ini. Sepanjang jalanan yang dilewati untuk menuju ke pantai terdapat pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun merupakan tantangan tersendiri. Tapi kalau sudah sampai...terbayar sudah perjalanan yang melelahkan tadi. Hamparan pasir putih dan suara deburan ombak membuat kita relax sejenak melupakan masalah. Ahh.....apalagi minum es kelapa muda...hilang dahaga.

Buat yang suka pantai, Pantai Siung menawarkan karang yang unik dan aroma yang berbeda. Bisa buat alternatif liburan yang murah... Asyik...Ayo ke pantai.