Gunung Api Purba Nglanggeran


Gunung Nglanggeran adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari karst atau kapur. Obyek wisata di Gunung kidul selain pantai. Gunung ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Seribu.

Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit. Dengan jarak tempuh pendakian 1-2 jam, wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu. Kala sore hari kita bisa menikmati matahari tenggelam. Selain itu, pengunjung juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek, tapi semua sudah tersedia untuk memudahkan wisatawan mendaki. Jangan khawatir, banyak papan petunjuk untuk menuju puncak, jadi ga usah takut tersesat.

Perjalanan kesana bisa ditempuh dengan mobil atau motor, karena jalanan sudah bagus. Siapkan fisik sebelum mendaki...iya karena walaupun tenaga terkuras ketika sampai di puncak akan terbayar dengan pemandangan dan angin semilir yang tak terlupakan...

Di sekitar Gunung Nglanggeran dapat dijumpai embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung. Untuk naik dari tempat parkir sudah tersedia tangga...dan pemandangan dengan latar belakang gunung api nglanggeran tampak indah.
Mau kemana liburan kali ini....???